Kamis, 01 Juli 2010

Asal mula kehidupan


Kalau kita berbicara tentang teknik kimia, maka kita akan bicara juga tentang kehidupan loh. Karena tau gak tubuh kita termasuk penganut "proses teknik kimia". Klu ga percaya coba aja tanya sama guru, atau dosen kalian masing-masing. Banyak proses kimia yang terjadi dalam tubuh manusia. Dan itulah kebesaran Allah sebagai sang pencipta alam semesta ini.
Bagi sebagian orang yang tidak mengenal Tuhan,  mereka akan selalu mencari-cari asal mula kejadian manusia. Dan kebanyakan dari mereka baru sampai batasan berteori dan berhipotesa, sampai saat ini masih menjadi perdebatan dikalangan ilmuan dunia. Tapi sebenarnya tidak salah juga kalau kita mendengarkan pendapat mereka mengenai asal mula kejadian manusia atau makhluk hidup pada umunya. Itung-itung pengetahuan tentang perkembangan ilmu pengetahuan.
Teori abiogenesis
Salah satu teori yang pernah populer dalam dunia ilmu pengetahuan adalah "teori abiogenesis". Pendukung
teori abiogenesis menyatakan bahwa kehidupan di bumi terjadi begitu saja atau secara spontan. Oleh sebab itu, paham atau teori abiogenesis ini disebut juga paham generation spontaneae. Jadi, kalau pengertian abiogenesis dan generation spontanea kita gabungkan, maka pendapat paham tersebut adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut dari benda mati / tak hidup yang terjadinya secara spontan, misalnya :
  1. ikan dan katak berasal dari Lumpur
  2. Cacing berasal dari tanah, dan
  3. Belatung berasal dari daging yang membusuk
Ga masuk akal ya, masak kita berasal dari benda mati. Trus gimana dong dengan ruh yang ada dalam tubuh kita ini.
Teori biogenesi
Walaupun telah bertahan selama ratusan tahun, tidak semua orang membenarkan paham abiogenesis. Orang –orang yang ragu terhadap kebenaran paham abiogenesis tersebut terus mengadakan penelitian memecahkan masalah tentang asal usul kehidupan. Orang-orang yang tidak puas terhadap pandangan Abiogenesis itu antara lain Francesco Redi (Italia, 1626-1799), dan Lazzaro Spallanzani ( Italia, 1729-1799), dan Louis Pasteur (Prancis, 1822-1895). Berdasarkan hasil penelitian dari tokoh-tokoh ini, akhirnya paham Abiogenesis / generation spontanea menjadi pudar karena paham tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Fransesco redi membuktikan bahwa sebenarnya asal mula makhluk bukan berasal dari benda mati dengan melakukan serangkaian percobaan. Percobaan yang dilakukan beliau adalah dengan membuat beberapa sample daging dalam stoples dan diberikan perlakuan yang berbeda-beda. Percobaan secara lengkap adalah sebagai berikut :
· Stoples I : diisi dengan sekerat daging, dan ditutup rapat-rapat.
· Stoples II :diisi dengan sekerat daging, dan dibiarkan tetap terbuka.
· Stoples III : diisi dengan sekerat daging, dan dibiarkan tetap terbuka.
Selanjutnya ketiga stoples tersebut diletakkan pada tempat yang aman. Setelah beberapa hari, keadaan daging dalam ketiga stoples tersebut diamati. Dan hasilnya sebagai berikut:
· Stoples I : daging tidak busuk dan pada daging ini tidak ditemukan jentik / larva atau belatunglalat.
· Stoples II : daging tampak membusuk dan didalamnya ditemukan banyak larva atau belatunglalat.
Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Francesco redi menyimpulkan bahwa larva atau belatung yang terdapat dalam daging busuk di stoples II dan III bukan terbentuk dari daging yang membusuk, tetapi berasal dari telur lalat yang ditinggal pada daging ini ketika lalat tersebut hinggap disitu. Hal ini akan lebih jelas lagi, apabila melihat keadaan pada stoples II, yang tertutup kain kasa. Pada kain kasa penutupnya ditemukan lebih banyak belatung, tetapi pada dagingnya yang membusuk belatung relative sedikit.
Dan teori ini pun sampai saat ini terus berkembang apalagi dengan bermunculannya ilmuan yang mendukug teori ini. Seperti Lazzaro Spallanzani,Louis Pasteur, dll.
Selain teori yang telah ane jelas kan diatas terdapat juga beberapa teori tentang asal mula kehidupan. Antara lain sebagai berikut :
1. Teori kreasi khas, yang menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (Ghaib) pada saat yang istimewa.
2. Teori Kosmozoan, yang menyatakan bahwa kehidupan yang ada di planet ini berasal dari mana saja.
3. Teori Evolusi Kimia, yang menyatakan bahwa kehidupan didunia ini muncul berdasarkan hukum Fisika Kimia.
4. Teori Keadaan Mantap, menyatakan bahwa kehidupan tidak berasal usul.
Nah sekarang sesungguhnya semua kembali kepada kita. Mau percaya sama teori yang mana, kalau ane sih lebih percaya bahwa makhluk hidup itu semua diciptakan oleh Allah tuhan semesta alam. Jadi gak susah-susah deh harus meneliti terlebih dahulu.



Artikel Terkait:

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 2komentar:

    Poskan Komentar

    Majari Magazine

    Entri Populer

    Inspirasi

    Jangan cari kemulian di kampung kelahiranmu

    Sungguh kemulian itu ada dalam perantauan di masa muda

    Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah meraih impian

    Karena kemulian tidak dapat diraih dengan kemalasan

    Man jadda Wa jadda

    "Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi"