Senin, 08 Februari 2010

Medco, Pertamina dan Lapindo pasok gas untuk rumah tangga

Senin, 8 Februari 2010, Dikutip dari esdm.go.id

JAKARTA. Setelah sukses dengan Palembang dan Surabaya, tahun ini pemerintah akan membangun jaringan distribusi gas untuk rumah tangga di 4 kota yaitu Tarakan, Depok, Bekasi dan Sidoarjo. Medco E&P Indonesia akan memasok gas untuk Tarakan, Pertamina EP memasok gas untuk Depok dan Bekasi. Sedangkan Lapindo Brantas memasok gas untuk Sidoarjo
.

Medco E&P Indonesia memasok gas sebanyak 1 MMSCFD yang dihasilkan dari wilayah kerja Lapangan Mamburungan selama 10 tahun. Pertamina EP memasok gas untuk Depok sebanyak 1 MMSCFD selama 20 tahun. Untuk Bekasi, Pertamina EP memasok sebanyak 2 MMSCFD selama 20 tahun. Sementara Sidoarjo dipasok dari Lapindo Brantas sebanyak 2 MMSCFD selama 5 tahun.

Menurut rencana, penandatanganan nota kesepahaman pasokan gas untuk rumah tangga ini akan dilakukan bulan ini, bersamaan dengan penyerahan sertifikat pengelolaan jaringan distribusi gas untuk Surabaya dan Palembang.

Jaringan distribusi gas untuk Tarakan akan dibangun di Kelurahan Karang Balik dan Sebengkok. Untuk Depok, jaringan distribusi gas rencananya dibangun di Kelurahan Beji dan Beji Timur. Untuk Bekasi, dibangun di Kelurahan Rawa Lumbu Sedangkan untuk Sidoarjo, jaringan distribusi gas akan dibangun di Medaeng, Ngingas, Wedoro dan Tambaksawah.

Di masing-masing kota, jumlah sambungan rumah yang akan mendapat fasilitas ini berkisar antara 3 ribu sampai 4 ribu.

Pembangunan jaringan distribusi gas untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas sektor migas 2010. Pembangunan jaringan distribusi gas bertujuan meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri, sekaligus menggantikan peran minyak tanah dan LPG.




Artikel Terkait:

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0komentar:

    Posting Komentar

    Majari Magazine

    Entri Populer

    Inspirasi

    Jangan cari kemulian di kampung kelahiranmu

    Sungguh kemulian itu ada dalam perantauan di masa muda

    Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah meraih impian

    Karena kemulian tidak dapat diraih dengan kemalasan

    Man jadda Wa jadda

    "Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi"