Minggu, 27 Juni 2010

Keunggulan Solar Cell

Meneruskan misi kami pada saat kompetisi karya tulis ilmiah mahasiswa, yaitu mensosialisasikan teknologi "solar cell" dikalangan masyarakat luas. Karena menurut kami teknologi ini sangat memiliki peluang/potensi untuk berkembang di Indonesia yang notabene negara Khatulistiwa. Walaupun banyak dosen kami yang bilang kalau pengadaan dan perawataannya sangat mahal. Tetapi banyak keunggulan dari "solar cell" ini yang membuat kami tetap kekeh dengan pendapat kami. Memang apa sih keunggulan dari "Solar Cell" sehingga kami tetap ngotot dengan argumentasi kami.


Check this Out.....
 
1. Tersedia bebas dan dapat diperoleh secara gratis di alam
Satu hal yang membuat kami tetap kekeh dengan pendapat kami. Ya gara-gara fakta yang satu ini. Solar cell hanya memerlukan sumber energi yang gratis..tiss...tisss... Gak pake bayar. Tinggal buat penampang tempat sinar radiasi matahari ditampung. Dah itu biarkan semua rangkaian alat dari solar cell yang memproses semua itu menjadi listrik. Praktis khan ?
 
2. Persediaan energi surya hampir tak terbatas, yang bersumber dari matahari (surya)
Sumber energi ini gak mungkin habis. Kalau kita bandingkan dengan batu bara dan minyak bumi. Maka sesungguhnya energi surya lebih efisien. Bayangkan bila kita tergantung pada sumber enrgi dari batu bara seperti yang terjadi sekarang di negara kita. Bukan tidak mungkin pada tahun2 selanjutnya kita tidak siap menghadapi krisis energi, lalu kita semua morat-marit dalam hal pemenuhan kebutuhan enrgi. Tapi khan lain halnya bila kita sudah membiasakan diri dengan energi yang terbarukan. Bahkan bukan hal yang tak mungkin suatu saat pembuatan dan perawatan teknologi ini jauh lebih murah dan mudah dari pada kita menggunakan energi fosil.
 
Who nose? Hidung siapa? Maaf maksudnya Who Knows? Siapa Tau?
 
3. Tanpa polusi dan emisi gas rumah kaca sehingga dapat mengurangi pemanasan global.
Isu tentang pemanasan global atau yang lebih dikenal dikenal dengan "Global Warming" sekarang sedang hangat-hangat nya dibicarakan oleh masyarakat dunia. Bumi semakin panas katanya, dan yang menjadi penyebab utama terjadinya global warming ini adalah karena produksi polusi sekarang sudah mulai tak terkendali. Alhasil efek rumah kaca pun terjadi. Jadi panas banget kayak gini deh...Tapi tenang solar cell solusinya, teknologi ini ramah lingkungan, tidak menghasilkan emisi yang membuat polusi udara kita. Tinggal sekarang bagaimana kita memanfaatkan keunggulan dari solar cell ini.
 
4. Dapat dibangun di daerah terpencil karena tidak memerlukan transmisi energi maupun transportasi sumber energi
Perlu digaris bawahi Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali daerah terpencilnya. Hal ini terjadi karena Indonesia terlalu besar Cing, jadi susah ngurusinnya. Kebanyakan dari daerah terpencil tersebut sampai saat ini belum juga teraliri oleh listrik. Ironis, inilah kenyataannya. Maka pengembangan Solar cell untuk desa sangat bermanfaat. Asal jangan biaya pembangunannya disunat sama pemerintah daerah aja. heheeee.....
Kami rasa teknologi ini yang paling cocok untuk wilayah pedesaan. Karena biasanya khan daerah pedesaan jauh dari polusi yang bisa mengurangi efektifitas dari solar cell itu sendiri. Dan seekali lagi kami tegaskan solar cell tidak memerlukan transmisi energi maupun transportasi sumber energi. Jadi khan gak usah repot2 buat transmisi enrgi sama transportasinya.
 
5. Kondisi Indonesia dengan intensitas radiasi surya 4,5 kWh/m2/hari membuat pemanfaatan energi surya yang direkomendasikan. Nah inilah yang paling memberatkan argumen kami. Indonesia paling potensial. Dari segi posisi sudah strategis, dapat pencahayaan matahari yang sempurna. Masak mau di sia2 kan anugrah yang sudah diberikan oleh Allah kepada kita.




Artikel Terkait:

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 13komentar:

    Posting Komentar

    Majari Magazine

    Entri Populer

    Inspirasi

    Jangan cari kemulian di kampung kelahiranmu

    Sungguh kemulian itu ada dalam perantauan di masa muda

    Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah meraih impian

    Karena kemulian tidak dapat diraih dengan kemalasan

    Man jadda Wa jadda

    "Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi"