Minggu, 27 Juni 2010

Menambahkan Meta Tag di Blog

Dalam dunia blogging ada satu kata yang tak mungkin di lepaskan dari benak para blogger. Yaitu, Traffic blog, dari hari-hari para blogger mania selalu berfikir bagaimana meningkatkan tarffic (kunjungan) mereka. Hal ini terjadi karena kegiatan blogging itu sangat bertumpu pada jumlah traffic. Ketika jumlah traffic meningkat, alhasil sang blogger akan semakin semangat untuk memposting tulisan/ide-ide mereka. Dan tak jauh berbeda dengan blogger yang membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi, para blogger yang membuat blog untuk tujuan bisnis pun mengincar traffic sebanyak-banyaknya demi kelangsungan kegiatan blogging mereka.

Nampaknya ini lah yang menjadikan alasan mengapa SEO (Search Engine Optimation) berkembang secara pesat. Berbagai trik dilakukan untuk mendapatkan banyak traffic. Salah satu dari sekian banyak trik adalah dengan memasang Meta Tag. Memang sih trik ini agak basi, apa lagi ketika keluar pemberitahuan dari google. Kalau mereka tidak memandang lagi Meta Tag sebagai faktor utama munculnya blog kita di halaman google.

Tetapi sebenarnya tak ada salahnya juga kita menggunakan trik ini, Siapa tau saja ini dapat membantu pengoptimasian blog kita. Buat yang mau tau lebih banyak, terus pantengin postingan ini.

Meta Tag  terdiri dari Meta Title, Meta keyword dan Meta Deskripsi yang dimasukkan ke dalam halaman( Edit Html ) blog kita. Sedangkan fungsinya adalah untuk membantu Search Engine memahami isi dari halaman blog dan Website sehingga pengunjung yang mencari Informasi dan Produk dapat menemukan dengan mudah dan detail(sesuai dengan pencarian).Dari penjelasan singkat diatas tentunya dapat kita tarik kesimpulan ketika kita dapat menempatkan blog kita pada deskripsi, keyword, judul yang sesuai dengan postingan kita tentu akan mempermudah terindeks oleh google.

Lalu bagaimana memasang meta tag di bog kita ?

1. Login ke halaman blogger ----) Dasbor ----) Rancangan ----) Edit HTML
2. Untuk menjaga keamanan (Kayak hansip aja....) blog kita maka terlebih dahulu kita download lengkap template kita, setelah itu Expand Template Widget.
3. Cari kode berikut : <title><data:blog.pageTitle/></title>
4. Lalu ganti  kode tersebut dengan kode dibawah ini: 
          


    <b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>

    <title><data:blog.title/></title>

    <b:else/>

    <title><data:blog.pageName/></title>

    </b:if>

5. Sudah ? Kalau sudah masukkan kode berikut tepat dibawah kode no 4.
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + " - Deskripsi blog kamu disini"' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageTitle + ", Keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst "'        name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

Sedikit penjelasan : 
Meta tag yang pertama itu berhubungan dengan deksripsi blog kita. Masukkan deskripsi yang tepat untuk blog kamu, ingat deskripsi jangan lebih dari 200 karakter. (Ganti kata deskripsi warna biru dengan deksripsi bog kamu)

Meta tag yang kedua berhubungan dengan keyword menuju blog kita, isikan dengan tepat yang mewakili blog kita. Jangan coba-coba memasukkan keyword yang tak ada hubungannya dengan blog kamu. Karena itu hanya akan menyusahkan kamu sendiri. (Ganti keyword berwarna biru, dengan keyword yang mewakili blog kamu)

Meta tag yang ketiga berhubungan dengan backlink, belum lama ini jagad blogsphere itu gempar dengan istilah Blog Dofollow dengan blog Nofollow. Tag ini lah yang digunakan untuk menyatakan bolog kita dofollow atau nofollow. Penjelasan mengenai blog dofollow akan ane jelaskan di laen kesempatan. 

Semoga bermanfaat ......


Artikel Terkait:

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 1 komentar:

    Posting Komentar

    Majari Magazine

    Entri Populer

    Inspirasi

    Jangan cari kemulian di kampung kelahiranmu

    Sungguh kemulian itu ada dalam perantauan di masa muda

    Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah meraih impian

    Karena kemulian tidak dapat diraih dengan kemalasan

    Man jadda Wa jadda

    "Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi"