Senin, 21 Juni 2010

Solar Panel Solusi Pemenuhan Kebutuhan Listrik


Dinegara-negara maju dan berkembang kini telah berkembang satu teknologi baru yang sangat membantu manusia dalam hal pemenuhan kebutuhan akan listrik. Teknologi pembangkit listrik ini dapat digunakan pada skala kecil, seperti skala rumahan.

Teknologi pembangkit listrik skala rumahan yang ane maksud adalah Photovoltaic atau biasa disingkat PV, Photovoltaic (panel surya/sel surya/solar cell) adalah suatu istilah untuk material yang dapat mengkonversikan radiasi dari surya menjadi energi listrik. Material PV ini tergolong material semikonduktor yang artinya untuk suatu kondisi tertentu dapat berubah menjadi material konduktor yang sifatnya menghantarkan listrik. Lalu bagaimanakah peralatan ini bekerja sehingga menghasilkan listrik.

Fotovoltaic terdiri dari 2 lapisan yang dinamakan n-type dan p-type. n-type adalah material semikonduktor dengan jumlah elektron berlebih, sedangkan p-type adalah material semikonduktor dengan jumlah hole atau lubang berlebih. Ketika dua lapisan ini digabungkan, yang terjadi adalah berpindahnya elektron ke lapisan p-type dan meninggalkan hole di tempatnya semula. Sehingga, lapisan n-type yang awalnya bermuatan negatif menjadi positif. Begitu juga sebaliknya yang terjadi pada lapisan p-type

Pada permukaan kontak kedua lapisan ini terjadi medan listrik (dimana arus listrik bersirkulasi). Permukaan ini dinamakan p/n-junction.Cahaya yang datang dari matahari terdiri dari berbagai macam spektrum. Bergantung pada tipe material PV yang digunakan, maka hanya spektrum cahaya tertentu terserap. Energi yang dibawa ini akan menggerakkan elektron dari posisi awalnya di dalam material yang digunakan. Dan sebagaimana kita ketahui bahwa elektron yang bergerak adalah definisi arus listrik. Besarnya arus bergantung pada material PV yang digunakan. Karena pada masing-masing material PV, terdapat satu karakteristik yang dinamakan built-in electric field. Karakteristik yang menentukan berapa arus listrik yang dihasilkan (yang bergantung pada kondisi yang dibebankan).

Jadi konsep-an pembangkit listrik tenaga surya sesungguhnya sangat sederhana yaitu hanya dengan mengubah energi radiasi dari matahari yang diterima oleh sel lalu dikonversikan menjadi energi lain yaitu listrik, dan yang perlu dicatat adalah bahwa pembangkit listrik jenis ini tidak menggunakan bantuan turbin dan generator loh !!!...

Semoga bermanfaat.....



Artikel Terkait:

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 10komentar:

    Posting Komentar

    Majari Magazine

    Entri Populer

    Inspirasi

    Jangan cari kemulian di kampung kelahiranmu

    Sungguh kemulian itu ada dalam perantauan di masa muda

    Singsingkan lengan baju dan bersungguh-sungguhlah meraih impian

    Karena kemulian tidak dapat diraih dengan kemalasan

    Man jadda Wa jadda

    "Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi"